Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan dan Fungsi Komunikasi Organisasi

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Arfianti Wijaya Wardhani
Ilustrasi Tujuan dan Fungsi Komunikasi Organisasi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Komunikasi organisasi dapat diartikan sebagai pemindahan dan penerimaan pesan-pesan yang telah terorganisir dan disengaja melalui berbagai saluran komunikasi di dalam organisasi.

Mari kita mengenal tentang tujuan dan fungsi komunikasi organisasi!

Tujuan komunikasi organisasi

Apa saja tujuan dari komunikasi organisasi? Tujuan komunikasi organisasi adalah:

Komunikasi organisasi bertujuan untuk memastikan pemahaman yang saling mendukung di antara anggota organisasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Komunikasi Organisasi: Pengertian dan Cirinya

Tujuan komunikasi organisasi berikutnya yaitu untuk membangun hubungan yang baik antar-anggota organisasi, baik antara sesama karyawan maupun antara karyawan dengan manajemen.

Komunikasi organisasi juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas organisasi secara keseluruhan.

Dengan komunikasi yang baik, karyawan dalam organisasi dapat bekerja secara efektif, mengatasi hambatan, serta mencapai tujuan organisasi secara lebih efisien.

Komunikasi organisasi yang baik mendorong pertukaran ide, kolaborasi, serta partisipasi yang aktif dari semua anggota organisasi.

Dalam hal ini, tujuan komunikasi organisasi adalah untuk merangsang inovasi, memfasilitasi pembuatan keputusan yang baik, dan mengembangkan solusi kreatif untuk menghadapi tantangan organisasi.

Baca juga: 3 Arus Komunikasi Organisasi

Selain tujuan yang telah disebutkan di atas, komunikasi organisasi juga bertujuan sebagai berikut:

Komunikasi organisasi memberi peluang bagi pemimpin organisasi dan anggotanya untuk menyatakan pandangan, pikiran, dan pendapat sehubungan dengan tugas dan fungsi yang mereka laksanakan.

Komunikasi organisasi memberi peluang kepada semua aparatur organisasi untuk berbagi informasi dan memberi makna yang sama atas visi, misi, fungsi organisasi, tugas pokok, dan lain-lain.

Komunikasi organisasi memberi peluang bagi para pemimpin dan anggota organisasi untuk menyatakan perasaan dan emosi mereka.

Komunikasi organisasi bertujuan mengoordinasi sebagian atau seluruh tindakan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi organisasi yang sudah dibagi habis ke dalam bagian atau sub-bagian organisasi.

Organisasi tanpa koordinasi dan organisasi tanpa komunikasi sama dengan organisasi yang menampilkan aspek individual, bukan menggambarkan aspek kerja sama.

Fungsi komunikasi organisasi

Terdapat dua fungsi komunikasi organisasi yaitu fungsi umum dan fungsi khusus.

Berikut keterangannya:

Fungsi umum komunikasi organisasi

Fungsi umum komunikasi organisasi meliputi:

  • Untuk menciptakan informasi terkini tentang sebagian atau keseluruhan hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Terkadang komunikasi adalah proses pemberian informasi mengenai bagaimana seseorang atau sekelompok orang harus mengerjakan tugas tertentu. Misalnya, job description.
  • Untuk “menjual” ide, gagasan, pendapat, serta fakta, termasuk menjual sikap organisasi dan sikap mengenai hal yang berhubungan dengan subyek layanan. Contohnya, public relations (humas), ekspo, pameran, dan lain-lain.
  • Untuk meningkatkan kemampuan para karyawan supaya mereka mampu belajar dari orang lain (internal), belajar mengenai apa yang dirasakan, dipikirkan, dan dikerjakan orang lain, serta belajar mengenai apa yang “dijual” atau diceritakan oleh orang lain tentang organisasi.
  • Untuk menentukan apa dan bagaimana organisasi membagi pekerjaan, siapa yang menjadi atasan dan siapa yang menjadi bawahan, besar kekuasaan dan kewenangan, bagaimana menangani sejumlah orang, bagaimana memanfaatkan sumber daya, serta mengalokasikan manusia, teknik, metode, dan mesin dalam organisasi.

Baca juga: 6 Gaya Komunikasi Organisasi

Fungsi khusus komunikasi organisasi

Fungsi khusus komunikasi organisasi adalah:

  • Untuk membuat para anggota atau karyawan melibatkan diri ke dalam isu-isu organisasi kemudian menerjemahkannya ke dalam tindakan tertentu di bawah komando.
  • Untuk membuat para anggota atau karyawan menciptakan dan menangani relasi antar-sesama bagi peningkatan produk organisasi.
  • Untuk membuat para anggota atau karyawan mempunyai kemampuan dalam menangani atau mengambil keputusan-keputusan pada suasana yang ambigu dan tak pasti.

 

Referensi:

  • Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi. Scopindo Media Pustaka.
  • Fauzan, R., Supriyanto, E., Normansyah, Solehudin, Rukmana, A. Y., Simarmata, N., Novieyana, S., Fiyul, A. Y., Tanesab, J., Abdurohim, Ariyanto, B., & Sudirjo, F. (2023). Komunikasi Organisasi: Pengantar dan Model Manajemen Reputasi dalam Membangun Citra Perusahaan. Get Press Indonesia.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi