Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengenal Bakat dalam Diri Pribadi

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Bakat adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang di mana kemampuan tersebut sudah melekat dalam dirinya dan dapat digunakan untuk melakukan hal-hal tertentu dengan lebih cepat dan lebih baik diibandingkan dengan orang biasa
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Pengertian bakat adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, di mana kemampuan tersebut sudah melekat dalam dirinya dan dapat digunakan untuk melakukan hal-hal tertentu dengan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan orang biasa.

Pendapat lain mengatakan pengertian bakat adalah kemampuan yang ada di dalam diri seseorang sejak lahir di mana kemampuan tersebut dapat digunakan untuk mempelajari sesualu dengan cepat dan dengan hasil yang baik.

Setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda dan bentukya sangat beragam. Misalnya seperti bakat musik, menari, melukis, dan sebagainya.

Dalam hal ini bakat juga dipengaruhi beberapa faktor karena suatu bakat bisa cepat atau lambat berkembang apabila mendapatkan tingkat pendidikan tertentu, faktor lingkungan sekitar yang dapat mendukung bakat seseorang, struktur saraf motorik yang baik, serta motivasi dan minat seseorang untuk belajar serta mengasah bakatnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Minat dan Bakat: Pengertian dan Contohnya

Walaupun sama-sama ada sejak lahir, bakat tidak sama dengan pembawaan. Bakat adalah suatu kelebihan, sedangkan pembawaan adalah wata, sifat-sifat, dan sikap seseorang yang sering disebut karakter.

Jadi watak berhubungan dengan tingkah laku, sedangkan bakat adalah kelebihan yang dimiliki seseorang. Berkembang atau tidak munculnya bakat seseorang dipengaruhi oleh waktu, pergaulan, dan Pendidikan

Jenis-jenis bakat

Berikut jenis-jenis bakat:

  1. Bakat umum, merupakan kemampuan yang berupa potensi dasar yang bersifat umum, artinya setiap orang memiliki.
  2. Bakat khusus, merupakan kemampuan yang berupa potensi khusus, artinya tidak semua orang memiliki, misalnya bakat seni, pemimpin, penceramah, dan olahraga. Selain itu, bakat khusus yang lain sebagai berikut:

Tes bakat

Tes bakat bertujuan membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang di berbagai area minatnya di bidang-bidang tertentu, untuk kemudian merencanakan dan membuat keputusan mengenai pillhan pendidikan atau pekerjaan.

Melalui tes bakat diperoleh gambaran mengenai berbagai bidang kemampuan dan minat seseorang.

Setiap orang mempunyai bakat-bakat tertentu, masing-masing dalam bidang dan derajat yang berbeda-beda.

Dengan mengembangkan minat dan bakat serta memberikan bimbingan karier sejak dini, remaja akan makin menyadari mengenai apa yang ia suka dan mampu dilakukan. 

Selai itu akan menjadi lebih jelas pendidikan atau pekerjaan apa yang mungkin akan ditekuninya disertai dengan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahannya sehingga ia bisa menentukan pilihan yang tepat dan menyiapkan diri untuk menggapai impiannya.

Cara menemukan bakat

Untuk dapat menemukan bakat tidaklah mudah bahkan memerlukan bantuan seorang ahli untuk menemukan bakat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menemukan bakat sebagai berikut:

  1. Dengarkan orang lain
  2. Temukan sesuatu yang sangat mudah dilakukan
  3. Temukan sesuatu yang paling kamu nikmati
  4. Tanyakan pada orang lain

Cara mengembangkan bakat

Cara untuk mengembangkan bakat, yaitu:

Keberanian membuat kita mampu menghadapi tantangan atau hambatan, baik yang bersifat fisik dan psikis maupun kendala-kendala sosial atau yang lainnya.

  • Perlu didukung latihan

Latihan adalah kunci dari keberhasilan. Latihan di sini bukan saja dari segi kuantitanya tetapi juga dari segi motivasi yang menggerakkan setiap usaha yang kelihatan secara fisik.

  • Perlu didukung lingkungan

Termasuk dalam lingkungan, antara lain manusia, fasilitas, biaya, dan kondisi sosial lainnya yang turut berperan dalam usaha pengembangan bakat dan minat. Perlu memahami hambatan-hambatan pengembangan bakat dan cara mengatasinya.

Kita perlu mengidentifikasi dengan baik kendala-kendala yang ada, kita kategorikan mana yang mudah diatasi dan mana yang sulit. Kemudian mulai kita memikirkan jalan keluarnya.

Berbeda dengan minat yang bisa dialihkan maka bakat tidak bisa dihilangkan. Tetapi bisa tidak muncul atau hanya terpendam.

Pada suatu saat, bakat ini akan muncul. Kemungkinan bakat tidak berkembang bisa dikarenakan oleh beberapa hal berikut:

    1. Tidak menyadari bakat yang dimiliki
    2. Tidak ada sarana penunjang
    3. Tidak ada pembimbing
    4. Tidak bersemangat
    5. Kurang ulet dalam berusaha, dan lain-lain

Baca juga: Minat dan Bakat: Pengertian dan Contohnya

Referensi:

  • Magdalena, I., Septina, Y., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. ejournal.stitpn.ac.id
  • Nihayah, U. (2015). Mengembangkan potensi anak: antara mengembangkan bakat dan ekploitasi. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 10(2), 135-150. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi