Rincian Biaya Transaksi Bank BUMN di ATM Link Per 1 Juni 2021: Cek Saldo Rp 2.500, Tarik Tunai Rp 5.000

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi penarikan uang di mesin ATM
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Empat bank BUMN atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN yang tergabung ke dalam ATM Link akan melakukan penyesuaian biaya transaksi.

Keempat bank pelat merah tersebut menerapkan biaya yang sama untuk transaksi cek saldo sebesar Rp 2.500 dan tarik tunai Rp 5.000 di mesin ATM Himbara yang berbeda dan ATM Link, dari semula Rp 0 atau gratis.

ATM Link merupakan semua ATM milik empat bank negara tersebut, yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dihubungi Kompas.com, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza mengatakan bahwa penyesuaian diberlakukan pada transaksi cek saldo dan tarik tunai, dari sebelumnya tidak dikenakan biaya.

"Penyesuaian tersebut terhitung mulai 1 Juni 2021 dan berlaku sampai dengan adanya penyesuaian di kemudian hari," kata Aestika, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Mulai 1 Juni, Tarik Tunai dan Cek Saldo Bank BUMN di ATM Link Kena Biaya

Alasan penyesuaian biaya transaksi

Penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai tersebut menurut Aestika merupakan kesepakatan Himbara dan untuk mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi di ATM Himbara.

Penyesuaian biaya itu menurut pihaknya menjadi bentuk healthy business untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan.

Selain itu, penyesuaian biaya transaksi tersebut juga merupakan komitmen untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan, dan kualitas layanan yang pada akhirnya menciptakan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

"Hal ini juga dilakukan untuk mendukung GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) atau mendorong cashless society untuk mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai dalam bertransaksi," ujar Aestika.

Aestika menambahkan, hal ini menjadi momentum bagi nasabah untuk mendorong transaksi secara cashless dan menggunakan digital banking utamanya Internet Banking, BRImo, dan Mobile Banking yang lebih praktis, mudah, dan murah bagi nasabah.

Baca juga: Seleksi Beasiswa LPDP Dilakukan Online, Simak Proses dan Tahapannya

Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi