Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal CPNS Jalur Cumlaude, Bagaimana Ketentuannya?

Baca di App
Lihat Foto
Kemenko Marves
Benarkah ada seleksi CPNS jalur cumlaude?
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka besok, Rabu (20/9/2023).

Dilansir dari Kompas.com (1/9/2023), Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mohammad Averrouce menyampaikan, seleksi CPNS 2023 akan diadakan untuk dua jalur, yakni penetapan kebutuhan untuk umum dan khusus.

Penetapan kebutuhan umum berlaku bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi syarat dari setiap instansi yang membuka rekrutmen.

Sementara untuk formasi khusus ditujukan untuk WNI yang masuk ke dalam empat kategori tertentu, yakni lulusan berpredikat terbaik atau cumlaude, diaspora atau WNI yang tinggal di luar negeri, penyandang disabilitas, serta putra/putri asal Papua dan Papua Barat.

Terkait dengan formasi khusus tersebut, beberapa warganet di media sosial X turut mempertanyakan soal proses seleksi CPNS jalur cumlaude, apakah syarat dan ketentuannya sama dengan formasi lainnya atau tidak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Btw mau tanya, kalo daftar cpns jalur cumlaude itu apa persaingannya lebih ketat? Menurut kakak2 yg berpengalaman gimana?" tanya pemilik akun @ziivxnx.

"Kalau daftar pake yg cumlaude, apa bener pesaingnya lebih sedikit dan peluang lolosnya lebih besar? Lanjutan skb-nya sama kaya yg umum atau lebih susah ya?" tulis pemilik akun @azoladiol.

Lantas, bagaimana syarat dan ketentuan pendaftaran CPNS jalur cumlaude?

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2023: Link, Syarat, Alur, dan Cara Daftarnya


Penjelasan BKN

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) BKN Nur Hasan membenarkan adanya jalur cumlaude dalam seleksi CPNS 2023.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa tidak semua instansi atau lembaga membuka jalur cumlaude dalam seleksi CPNS 2023.

"Persyaratan apakah membuka jalur cumlaude itu menjadi kewenangan instansi untuk menyampaikan dan dapat dilihat pada pengumuman instansi masing-masing," terangnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Nur Hasan juga mengatakan persyaratan atau informasi rekrutmen ASN 2023 merujuk pada pengumuman setiap instansi pada 19 September 2023.

"Terkait dengan persyaratan/informasi rekrutmen ASN tahun 2023 seperti usia, kualifikasi pendidikan, ijazah, kebutuhan ASN, dan lainnya, kiranya dapat merujuk ke pengumuman instansi yang akan diumumkan pada tgl 19 September 2023," pungkasnya.

Baca juga: 10 Link Instansi yang Sudah Umumkan Syarat serta Formasi CPNS dan PPPK 2023

Syarat seleksi CPNS jalur cumlaude

Merujuk pada Permenpanrb 27/2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, seleksi CPNS jalur cumlaude berlaku untuk putra/putri lulusan terbaik dengan predikat “dengan pujian” atau cumlaude.

Berikut ketentuan persyaratan umumnya: 

Baca juga: Ada Keterangan Umum dan Khusus Saat Cek Pengumuman CPNS dan PPPK 2023, Apa Maksudnya?

Jadwal terbaru seleksi CPNS 2023

Seleksi penerimaan CPNS 2023 sendiri terdiri dari 32 tahapan yang akan dimulai pada akhir September 2023 hingga Maret 2024.

Berikut jadwal terbaru seleksi CPNS 2023:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi