Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Sehat, Kopi Hitam atau Kopi Susu?

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash
Sehat mana, kopi hitam atau kopi susu?
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Kopi sarat dengan nutrisi bermanfaat dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan. 

Menurut Hopkins Medicine, kopi penuh dengan zat yang dapat membantu mencegah kondisi yang lebih umum terjadi pada wanita, termasuk penyakit alzheimer dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, kopi juga mengandung antioksidan dan zat aktif lainnya yang dapat mengurangi peradangan internal dan melindungi tubuh dari penyakit.

Meski begitu, ada banyak jenis kopi yang biasa orang-orang konsumsi, mulai dari kopi hitam hingga kopi susu yang tampaknya menjadi favorit kebanyakan orang.

Lantas, lebih sehat mana, antara kopi hitam dan kopi susu?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Kopi Susu Setiap Hari?


Lebih sehat mana, kopi hitam atau kopi susu?

Untuk mengetahui lebih sehat mana antara kopi hitam atau kopi susu. Perlu diketahui terlebih dahulu terkait perbedaan manfaat dan efek samping di antara keduanya.

Berikut ini perbandingan antara kopi hitam dan kopi susu:

1. Kopi untuk menurunkan berat badan

Kopi dikenal sebagai minuman yang baik untuk upaya penurunan berat badan, dilansir dari Lybrate.

Pasalnya, kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang dapat membantu Anda membakar kalori lebih banyak.

Jika Anda minum kopi dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, maka pilihan terbaik yang bisa dimasukkan dalam daftar diet adalah kopi hitam.

Pasalnya, kopi hitam tanpa tambahan gula, susu, atau bahan lainnya, memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi susu.

Secangkir kopi hitam mengandung 20 kalori, sedangkan secangkir kopi yang ditambahkan dengan susu dan gula memiliki sekitar 60 kalori.

Selain itu, secangkir kopi hitam juga bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Pada akhirnya, ini dapat mencegah Anda makan berlebih.

Baca juga: Waspada, 6 Kebiasaan Buruk Minum Kopi Ini Bisa Memperpendek Umur

2. Kopi untuk mengurangi risiko diabetes

Manfaat selanjutnya yang sering kali dikaitkan dengan minum kopi yakni potensinya untuk menurunkan kadar gula darah dan pada gilirannya mengurangi risiko diabetes.

Kopi memiliki nutrisi yang dapat membantu tubuh menggunakan insulin, hormon penting untuk menyimpan dan menggunakan gula yang dihasilkan oleh makanan.

Mereka yang minum kopi hitam tanpa gula atau kopi tanpa kafein dalam jumlah banyak memiliki risiko lebih kecil terkena diabetes.

Hubungan antara asupan kopi dalam jumlah besar dan diabetes menunjukkan bahwa setiap cangkir kopi yang Anda minum mengurangi risiko terkena diabetes sebesar 7 persen, jika diminum secara teratur.

Sehingga dalam hal ini, minum kopi hitam lebih sehat untuk menurunkan risiko diabetes dibanding dengan kopi susu yang banyak mengandung lemak dan gula.

Baca juga: 8 Cara Membuat Kopi Lebih Sehat Menurut Ahli Diet dan Sains

3. Kopi untuk meningkatkan fungsi otak dan suasana hati

Stimulan yang disebut kafein adalah bahan psikoaktif yang paling sering dikonsumsi di dunia.

Kafein diserap ke dalam aliran darah dan kemudian mengalir ke otak di mana ia memblokir neurotransmitter penghambat yang dikenal sebagai adenosin.

Hal ini meningkatkan jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin, yang menyebabkan peningkatan penembakan neuron.

Kopi meningkatkan fungsi otak, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi kognitif umum.

4. Kopi untuk mengurangi ketergantungan kafein

Kopi tinggi kafein, di mana bila meminumnya setiap hari dapat membuat seseorang menjadi ketergantungan kafein.

Meskipun tidak sepenuhnya sehat saat mengonsumsi kopi yang diberi tambahan gula dan susu, namun kopi susu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk upaya mengurangi ketergantungan terhadap kafein.

Pasalnya, kopi susu mengandung lebih sedikit kafein dan lebih banyak protein lantaran kandungan susu di dalamnya.

Selain itu, meminum kopi hitam setelah malam membuat Anda tetap terjaga dan juga mengganggu ritme sirkadian.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari 

5. Kopi untuk mengurangi peradangan

Dilansir dari Kompas.com (26/10/2023), baik susu maupun kopi, keduanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan.

Susu kaya akan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, vitamin D, dan potasium. Sedangkan kopi kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan mental.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan, kopi susu dapat bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan pada tubuh.

Hal itu disebabkan lantaran biji kopi secara alami mengandung polifenol, dan susu mengandung protein. Jika keduanya dipadukan, ini dapat membantu melawan peradangan.

Dalam penelitian tersebut, para ahli menunjukkan bahwa hanya dengan menambahkan susu ke dalam kopi pagi dapat membantu tubuh melawan peradangan dua kali lipat dibandingkan dengan hanya menyeruput secangkir kopi hitam.

Jadi berdasarkan perbedaan manfaat antara kopi hitam dengan kopi susu di atas, dapat diketahui bahwa keduanya sama-sama bermanfaat, tergantung dari tujuan minum kopi itu sendiri.

Untuk itu, sesuaikan kebutuhan minum kopi supaya mendapatkan manfaat maksimal dari minuman pahit tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi